Jumat, 31 Juli 2009

Hancurkah Dunia Pendidikan Kita?

by Novanfarizi

Jika para teroris sudah sering meBOOMbardir gedung dan bangunan, itu sudah biasa! Tapi jika, siapa yang telah menjadi “Teroris pendidikan” yang telah memBOOMbardir; menjadikan hancur lebur sistem pendidikan di negeri ini? Itu baru LUARR BIASAA! Dan inikah yang telah terjadi?

  • Sistem yang tidak menghargai proses Belajar adalah proses dari tidak bisa menjadi bisa. Hasil akhir adalah buah dari kerja setiap proses yang dilalui. tapi proses ini sama sekali tidak dihargai; anak didik tidak pernah dinilai seberapa keras dia berusaha melalui proses. Melainkan hanya semata-mata ditentukan oleh ujian akhir.
  • Sistem yang hanya mengajari anak untuk menghafal bukan belajar dalam arti sesunguhnya. Apa beda belajar dengan menghafal? Produk dari sebuah pembelajaran kemampuan atau keahlian yang dikuasai terus menerus. Contoh yang paling sederhana adalah pada saat anak belajar sepeda. Mulai dari tidak bisa menjadi bisa, dan setelah bisa ia akan bisa terus sepanjang masa. Sementara produk dari menghafal adalah ingatan jangka pendek yang dalam waktu singkat akan cepat dilupakan. Perbedaan lain bahwa belajar membutuhkan waktu lebih panjang sementara menghafal bisa dilakukan hanya dalam 1 malam saja. Padahal pada hakekatnya Manusia dianugerahi susunan otak yang paling tinggi derajatnya dibanding mahluk manapun didunia. Fungsi tertinggi dari otak manusia tersebut disebut sebagai cara berpikir tingkat tinggi atau high Quality Thinking; yang direpresentasikan melalui kemampuan kreatif atau bebas mencipta serta berpikir analisis-logis; sementara fungsi menghafal hanyalah fungsi pelengkap. Keberhasilan seorang anak didik nanti bukan ditentukan oleh kemampuan hafalannya melainkan oleh kemampuan kreatif dan berpikir kritis analisis.
  • Sistem sekolah yang berfokus pada nilai-nilai yang biasanya diwakili oleh angka-angka biasanya dianggap sebagai penentu hidup dan matinya seorang siswa. Begitu sakral dan gentingnya arti sebuah nilai pelajaran sehingga semua pihak mulai guru, orang tua dan anak akan merasa rasah dan stress jika melihat siswanya mendapat nilai rendah atau pada umumnya dibawah angka 6 (enam). Setiap orang dikondisikan untuk berlomba-lomba mencapai nilai yang tinggi dengan cara apapun tak perduli apakah si anak didik terlihat sekarat untuk mencapainya. Nyatanya dalam kehidupan nyata, nilai pelajaran yang begitu dianggung-anggungkan oleh sekolah tersebut tidak berperan banyak dalam menentukan sukses hidup seseorang. Dan lucunya sebagian besar kita dapati anak yang dulu saat masih bersekolah memiliki nilai pas-pasan atau bahkan hancur, justru lebih banyak meraih sukses dikehidupan nyata. Mari kita ingat-ingat kembali saat kita masih bersekolah dulu; betapa bangganya seseorang yang mendapat nilai tinggi dan betapa hinanya anak yang medapat nilai rendah; dan bahkan untuk mempertegas kehinaan ini, biasanya guru menggunakan tinta dengan warna yang lebih menyala dan mencolok mata. Sementara jika kita kaji lagi; apakah sesungguhnya representasi dari sebuah nilai yang diagung-agungkan disekolah itu? Nilai sesungguhnya hanyalah representasi dari kemampuan anak didik dalam “menghafal” pelajaran dan “subjektifitas” guru yang memberi nilai tersebut terhadap siswanya. Meskipun kerapkali guru menyangkalnya, cobalah anda ingat berapa lama anda belajar untuk mendapatkan nilai tersebut? Apakah 3 bulan, 1 bulan, atau cukup hanya semalam saja? Kemudian coba ingat-ingat kembali, jika dulu saat bersekolah, ada diantara anda yang pernah bermasalah dengan salah seorang guru, apakah ini akan mempengaruhi nilai yang akan anda peroleh? Jadi wajar lah meskipun kita banyak memiliki orang “pintar” dengan nilai yang sangat tinggi, negeri ini masih tetap saja tertinggal jauh dari negara-negara maju. Karena pintarnya hanya pintar menghafal dan menjawab soal-soal ujian.
  • Sistem pendidikan yang Seragam-sama untuk setiap anak didik yang berbeda-beda Siapapun sadar bahwa bila kita memiliki lebih dari 1 atau 2 orang anak didik, maka bisa dipastikan setiap anak akan berbeda-beda dalam berbagai hal. Andalah yang paling tahu perbedaan-perbedaanya. Namun, anak yang berbeda tersebut bila masuk kedalam sekolah akan diperlakukan secara sama, diproses secara sama dan diuji secara sama. Menurut hasil penelitian Ilmu Otak atau Neoro Science jelas-jelas ditemukan bahwa satiap anak memiliki kelebihan dan sekaligus kelemahan dalam bidang yang berbeda-beda. Mulai dari Instingtif otak kiri dan kanan, Gaya Belajar dan Kecerdasan Beragam. Sementara sistem pendidikan seolah-oleh menutup mata terhadap perbedaan yang jelas dan nyata tersebut yakni dengan mengyelenggaraan sistem pendidikan yang sama dan seragam. Oleh karena dalam setiap akhir pembelajaran akan selalu ada anak-anak yang tidak bisa/berhasil menyesuaikan dengan sistem pendidikan yang seragam tersebut.
  • Sekolah adalah Institusi Pendidikan yang tidak pernah mendidik. Membingungkan? tapi sesungguhnya inilah yang terjadi pada lembaga pendidikan kita.

Apa beda mendidik dengan mengajar?

Exactly! Mendidik adalah proses membangun moral/prilaku atau karakter anak sementara mengajar adalah mengajari anak dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak bisa menjadi bisa.

Produk dari pengajaran adalah terbangunnya cara berpikir kritis dan kreatif yang berhubungan dengan intelektual sementara produk dari pendidikan adalah terbangunnya prilaku/akhlak yang baik.

Memang betul dalam kurikulum ada mata pelajaran Agama, Moral Pancasila, Kesenian dan sebagainya namun dalam aplikasinya disekolah, guru hanya memberikan sebatas hafalan saja bukan aplikasi dilapangan. Demikian juga ujiannya dibuat berbasiskan hafalan seperti hafalan Pasal2 UUD, butir-butir Pancasila dsb. Tidak berdasarkan aplikasi siswa dilapangan. Dengan sistem penilaian yang berbasiskan aplikasi dan penilaian masyarakat (User Based Evaluation).

Jadi wajar saja jika anak-anak didik kita tidak pernah memiliki nilai moral yang tertanam kuat di dalam dirinya, melainkan hanya nilai moral yang melintas semalam saja dikepalanya dalam rangka untuk dapat menjawab soal-soal ujian besok paginya dan mendapat nilai tinggi.

Sumber: http://novanfarizi.blogdetik.com/2009/07/31/hancurkah-dunia-pendidikan-kita-kita/

1 komentar:

  1. perbaikan terhadap sistemm pendidikan di indonesia harus segera dilakukan kalo kita tidak ingin melihat kekecewaan demi kekecewaan dimasa yang akan datang..
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal ekonomi andalas

    BalasHapus